Teaching Factory (TEFA) adalah sebuah model pembelajaran bagi maupun Perguruan Tinggi Vokasi seperti Politeknik Negeri Ambon, yang berbasis produksi/jasa yang mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industri dan dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri. TEFA menjadi konsep pembelajaran dalam keadaan yang sesungguhnya untuk menjembatani kesenjangan kompetensi antara pengetahuan yang diberikan sekolah dan kebutuhan dunia industri.

Hal ini menjadi kesadaran Program Studi Sarjana Terapan Teknik Informatika (Prodi TI) Polnam untuk berinisiasi membentuk TEFA dengan industri, khususnya industri yang bergerak di bidang informatika. Upaya untuk mewujudkan hal tersebut dimulai dengan melakukan Focus Group Discussion (FGD) bersama industri yang dilaksanakan pada Jumat (24/11/2023) di Golden Palace Hotel Ambon.

Ketua Jurusan Teknik Elektro, Lory Parera menjelaskan TEFA menjadi sangat penting karena merupakan salah satu implementasi dari program competitive fund yang dimenangkan oleh Prodi TI Polnam. Selain itu, FGS TEFA ini menjadi salah satuĀ  tahap mempersiapkan kemampuan prodi dalam keterlibatan secara langsung dengan industri.

“Competitive fund juga telah memberikan kesempatan bagi para dosen untu dilatih dalam membentuk kualitas mereka, sehingga ketika TEFA ini berjalan kita telah siap dan semua yang berkaitan dengan hal tersebut dapat terealisasi dengan baik”, ujar Parera.

Dalam kaitan dengan itu, menurut Kajur Teknik Elektro, tim telah mempersiapkan berbagai peralatan pendukung sehingga nantinya ketika terlibat dengan industri dalam kegiatan TEFA semuanya telah siap.

“Saya tidak meragukan kemampuan SDM dari seluruh dosen di Prodi TI, dan saya yakin pasti bisa dalam mensukseskan kegiatan ini. Kita harus bangga bahwa Prodi TI Polnam merupakan satu-satunya prodi TI negeri yang ada di Maluku. Oleh karena itu, kita harus bersinergi dan menunjukkan kapasitas kita sebagai akademisi di bidang informatika”, tandasnya.

FGD ini merupakan rangkaian dari kegiatanĀ  Task Force Competitive Fund Politeknik Negeri Ambon yang menghadirkan narasumber CEO Docotel Teknologi Celebes Makassar, IT Programmer PT Berdikari Pondasi Perkasa dan Ketua Jurusan Teknik Elektro Polnam.

(Humas)