Sejak tanggal 2 Mei 2024 sampai tanggal 20 Juni 2024, Politeknik Negeri Ambon akan melaksanakan seleksi penerimaan Mahasiswa Baru jalur Mandiri gelombang pertama. Seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri adalah seleksi penerimaan yang dilakukan secara mandiri oleh Polnam sejak pendaftaran, tes, maupun pengolahan hasil serta pengumuman dengan tetap mengacu kepada ketentuan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Hal ini disampaikan oleh Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Negeri Ambon, Novi Noce Tetelepta di kampus Polnam, Jumat (3/05/2024).

“Untuk tahap seleksi SNBP dan SNBT telah selesai dilakukan, dan pelaksanaannya secara Nasional. Saat ini kami melakukan seleksi penerimaan Mahasiswa Baru untuk jalur mandiriĀ  gelombang pertama sampai tanggal 20 Juni 2024 dan pelaksanaan tesnya sesuai jadwal yaitu tanggal 22-25 Juni serta pengumuman hasil tanggal 5 Juli nanti”, ujar Tetelepta.

Menurutnya, kuota mahasiswa baru tahun 2024 untuk Politeknik Negeri Ambon sebanyak 900 orang. Oleh karena itu, katanya lagi, masih terbuka peluang besar bagi setiap lulusan SMA/SMK/MA untuk mendaftar di Politeknik Negeri Ambon.

“Pendaftaran dilakukan secara online pada laman akademik.polnam.ac.id. Namun untuk beberapa daerah seperti Piru (SBB), Masohi (Maluku Tengah) dan Saparua, akan kami buka loket pendaftarannya di sana. Sehingga target kita bisa tercapai”, kata Tetelepta.

Ia juga membantah pemberitaan bahwa ada program studi di Polnam yang Ilegal. Menurutnya, seluruh Program Studi di Polnam itu adalah legal dan telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan Lembaga Aktreditasi Mandiri (LAM). Oleh karena itu, masyarakat jangan ragu untuk kuliah di Polnam.

Tetelepta kemudian menjelaskan bahwa , kebutuhan akan tenaga kerja yang siap pakai dan terampil serta profesional dibidangnya dewasa ini sangat dibutuhkan oleh industri.

“Politeknik Negeri Ambon sejak berdirinya sampai saat ini merupakan salah satu perguruan tinggi vokasi yang mampu mencetak tenaga kerja siap pakai dan terampil serta profesional dibidangnya. Dan untuk mencetak tenaga kerja profesional itu, kurikulum kami menetapkan 70% adalah praktek dan 30% teori”, tandas Tetelepta.

Program studi yang dibuka adalah:

  • Jurusan Teknik Elektro: Prodi D3 Teknik Listrik, Prodi Sarjana Terapan (D4) Teknik Informatika, Prodi Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Sistem Kelistrikan Minyak dan Gas.
  • Jurusan Teknik Mesin: Prodi D3 Teknik Mesin, Prodi Sarjana Terapan (D4) Teknik Produksi Minyak dan Gas, Prodi Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Sistem Mekanikal Minyak dan Gas.
  • Jurusan Teknik Sipil: Prodi D3 Teknik Sipil, Prodi Sarjana Terapan (D4) Teknik Konstruksi Jalan dan Jembatan, Prodi Sarjana Terapan (D4) Manajemen Proyek Konstruksi.
  • Jurusan Administrasi Niaga: Prodi D3 Administrasi Bisnis, Prodi Sarjana Terapan (D4) Administrasi Bisnis Terapan.
  • Jurusan Akuntansi: Prodi D3 Akuntansi, Prodi Sarjana Terapan (D4) Akuntansi Sektor Publik.

(Humas)