Masterplan kampus Politeknik Negeri Ambon dirancang dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan tinggi, hal ini untuk menjawab tujuan dari institusi untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan perencanaan yang komprehensif dan menyeluruh dan diterjemahkan dalam dokumen perencanaan. Hal ini disampaikan oleh Margie Civitaria Siahay dalam Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Masterplan Politeknik Negeri Ambon, Rabu (10/1/2024) di kampus Polnam.

Sebagai Peneliti yang melakukan penelitian terhadap masterplan Polnam, Siahay menyatakan bahwa Kawasan kampus Politeknik Negeri Ambon berada kota Ambon, provinsi Maluku di atas lahan seluas 4,31 Ha. Seiring dengan perkembangannya, kampus Politeknik Negeri Ambon mengalami perubahan selama kurun waktu tertentu, sehingga diperlukan peninjauan kembali. Peninjauan kembali dilakukan pada ruang-ruang fisik berdasarkan masterplan eksisting.

“Dalam penelitian ini ditemukan permasalahan pada ruang-ruang fisik yang tidak dimanfaatkan dan dioptimalkan guna menjawab kebutuhan saat ini. Pemanfaatan ruang ini melingkupi ruang terbuka, ruang kuliah (kelas) dan ruang parkir”, ujarnya.

Ia katakan, ruang terbuka dimaksudkan untuk menjawab kebutuhan interaksi sosial antar sivitas akademika yang tidak optimal, ruang kuliah dalam melihat kebutuhan ruang kuliah yang saat ini tidak mampu menjawab kebutuhan mahasiswa, serta ruang parkir yang tidak memenuhi kebutuhan parkir.

“Dengan menggunakan metode logic models untuk evaluasi maka diketahui bahwa masterplan eksisting tidak mampu menjawab kebutuhan masa kini, sehingga dibutuhkan perencanaan baru untuk merespon kebutuhan sivitas akademika hingga saat mendatang”, tandasnya.

Dalam FGD ini juga dihasilkan beberapa rekomendasi antara lain: dalam hal perencanaan ruang parkir dan ruang terbuka agar dapat mengakomodir perencanaan-perencanaan fisik ke depan yang telah diatur sebelumnya. Serta pengoptimalan ruang kelas juga menjadi perhatian bersama agar dapat menjawab kebutuhan ruang kelas masing-masing jurusan dalam mendukung proses belajar mengajar.

(Humas)