Direktur Politeknik Negeri Ambon, Dady Mairuhu, mengukuhkan Prof. Dwi Hariyanti, S.E., M.M., Akt., CA., sebagai guru besar bidang Akuntansi di Politeknik Negeri Ambon dalam Rapat Terbuka Luar Biasa Senat Akademik Politeknik Negeri Ambon dengan agenda tunggal pengukuhan guru besar, Selasa (18/10/2023) di kampus Politeknik Negeri Ambon.

Dalam pidatonya, direktur menyampaikan bahwa Prof. Dwi Hariyanti tercatat sebagai Guru Besar pertama di Politeknik Negeri Ambon dan juga merupakan guru besar pertama bidang Akuntansi di Politeknik se-Indonesia.

“Hari ini institusi yang kita cintai dan banggakan ini, Politeknik Negeri Ambon, mencatat sebuah sejarah baru dalam perjalanan sebagai institusi pendidikan vokasi di Indonesia, karena telah dikukuhkan seorang┬áprofessor pertama di Politeknik Negeri Ambon. Sebuah kebanggaan yang tidak dapat saya lukiskan dengan kata-kata bagi bapak dan ibu semua”, ujar Direktur.

Direktur juga menuturkan bahwa pengukuhan Prof. Dwi Hariyanti sebagai guru besar menjadi kado terindah bagi Politeknik Negeri Ambon yang baru saja merayakan Dies Natalis ke – 36 tanggal 5 oktober yang lalu, untuk menjadi institusi vokasi terkemuka di Indonesia Timur dan siap go internasional.

Bagi Direktur, capaian Prof. Dwi ini karena ia adalah salah seorang staf pengajar yang memiliki performa yang sangat baik. Prof. Dwi sangat aktif dalam melaksanakan tridharma perguruantinggi terutama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Saya perhatikan setiap tahun secara konsisten Ibu professor ini mendapatkan hibah baik untuk penelitian, pengabdian
maupun hibah-hibah lainnya. Sebuah konsistensi yang patut menjadi teladan bagi seluruh sivitas akademika Politeknik Negeri Ambon”, tutur Direktur dengan bangganya.

Lanjut Direktur, penjaminan mutu menjadi elemen penting dan utama bagi semua perguruan tinggi. Mutu lulusan dijamin melalui implementasi sistem penjaminan mutu, dimana audit mutu internal menjadi salah satu instrumen utama. Jika penjaminan mutu berjalan dengan baik, tentu mutu lulusan akan baik juga. Saat ini, penjaminan mutu menjadi perhatian utama Polnam yang terus dibenahi dan dioptimalkan pelaksanaan fungsi-fungsinya.

“Peningkatan kualitas sumber daya manusia dosen saat ini menjadi perhatian utama kita. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi terus mendorong agar dosen-dosen di pendidikan tinggi vokasi tidak hanya berpuas diri dengan pendidikan di tingkat magister saja. Tetapi pemerintah mendorong agar dosen-dosen vokasi melanjutkan ke jenjang lebih tinggi yaitu doktor dan meraih guru besar,” kata Direktur.

Di akhir pidatonya, direktur mengajak seluruh dosen di Politeknik Negeri Ambon untuk mengikuti jejak Prof. Dwi dalam meraih jabatan guru besar di berbagai bidang keahlian.

Untuk diketahui, Prof. Dr. Dwi Hariyanti, S.E., M.M., Akt., CA., diangkat dalam jabatan guru besar/profesor di bidang ilmu Akuntansi, dengan SK Mendikbudristek nomor 44556/M/07/2023, tanggal 15 Agustus 2023.

(Humas)